Home / KEGIATAN / Maudu Lompoa Cikoang Adalah Prosesi Peringatan Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Maudu Lompoa Cikoang Adalah Prosesi Peringatan Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Di Rumah Adat Cikoang Dusun Cikoang Desa Cikoang Kec. Marbo Kab. Takalar telah dilaksanakan Perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad, SAW 1440 H/2018, M yang lebih dikenal dengan "Maudu Lompoa Cikoang" yang dihadiri sekitar 15.000 orang diantaranya Dandim 1426/Tkl (Letkol Inf Ardi Sukatri, S.Sos)

MAUDU’ Lompoa (maulid besar) adalah prosesi peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang diisi dengan berbagai kegiatan ritual. Tradisi ini ditujukan untuk menanamkan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya.

Secara temurun tradisi ini dipelihara keluarga Sayyid Al’-Aidid. Kehadiran tradisi Maudu’ Lompoa di Cikoang diawali dari kedatangan Sayyid Djalaluddin bin Muhammad Wahid Al’ Aidid.Beliau adalah seorang ulama besar asal Aceh, cucu Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam, keturunan Arab Hadramaut, Arab Selatan, dan masih keturunan Nabi Muhammad SAW yang ke-27. Sayyid Djalaluddin Al’ Aidid tiba di kerajaan Gowa-Makassar pada abad 17, masa pemerintahan Sultan Alauddin.

Beliau kemudian diangkat menjadi Mufti kerajaan. Putra Mahkota kerajaan Gowa oleh Sayyid Djalaluddin diberi nama Muhammad al-Baqir I Mallombassi Karaeng Bontomangape Sultan Hasanuddin.

About kodim1426

Check Also

Babinsa Ikut Terlibat Dalam Pembentukan Dan Pengembangan Desa Tangguh Bencana Alam

Di Kantor Desa Popo Kec. Galesong Selatan Kab. Takalar Babinsa Koramil 1426-04/Galsel Serka Sakri menghadiri …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.